Minggu, 10 Oktober 2010

Mateus 9 : 1 – 8

Sermon NHKBP Cijantung


 Masalah Penyakit Jasmani atau Phisik
     Masalah penyakit jasmani atau phisik tidak ikut terbawa Tuhan Jesus ke Kayu Salib, hanya dosa manusia saja. Allah konsekuen terhadap firmanya setelah manusia jatuh ke dalam dosa.  Kej 3: 16 fimanNya kepada perempuan itu: Sakit engkau waktu mengandung dan melahirkan anakmu
     Sehingga segala macam penyakit pasti ada di dunia ini sampai saat ini.
PL menghubungkan segala macam penyakit dengan kutukan Allah karena perbuatan dosa. Kel 4: 11 “Siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau biuta, bukankah Aku yakni Tuhan ? (band Bil 25: 18; Ul 32: 39; Jes 38: 10-18). Ingat, waktu Ayub sakit “Dosa apa yang engkau lakukan kepada Allah”?  tanya sahabat-sahabatnya. Berarti sakitnya Ayub dianggp sahabatnya sebagai kutukan dari Allah. Tetapi pada PB anggapan bahwa penyakit adalah kutukan Allah karena dosa dibantah Tuhan Yesus. Yoh 9: 2-3 Murid-murid bertanya kepada Yesus “Siapakah yang berbuat dosa dia sendiri atau orang tuanya?,  sehinga dia dilahirklkan buta?” Jawab Yesus “bukan dia dan bukan orang tuanya, tetapi karena pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia (orang sakit itu)
    Pekerjaan Allah harus dinyatakan artinya missi Yesus ke dunia sebagai “terang dunia” (ay.6) artinya membawa damai sejahtera. Syaloom. Yesus memberikan kuasa kepada murid-muridNya untuk menyebuhkan segala penyakit phisik maupun rohani supaya manusia menjadi syalom, damai sejahtera.
Mark 16: 18b menyatakan: mereka (murid-murid) akan meletakkan tangannya atas orang sakit maka orang itu akan sembuh.

Iman                                                                                                                         
 Ay. 2 …..ketika Yesus melihat mereka…..
Dari mana Yesus melihat iman mereka ?. Bila kita hubungkan dengan ayat parallel di Mark 2:3 mereka ada empat orang, menggotong orang lumpuh dan membuka atap rumah, kemudian yang sakit diturunkan dengan tambang persis dihadapan Yesus. Berarrti ada iman (ibr 11: 1) dan usaha mereka (Yoh 9: 3-4). Penyebuhan terhadap orang sakit bukan hanya doa para murid, pendeta, atau para dokter secara individual/sepihak, tetapi harus ada iman dan usaha si sakit untuk sembuh. Secara eskatologis, pengharapan terhadap kehidupan yang lebih indah, hidup sorgawi dan pertobatan

Yesus satu-satunya jalan menuju Allah
Ay 3,4,5 maka berkatalah beberapa orang…….. Masih ada yang belum mengenal Yesus, sampai saat ini bahwa :
*   Yesus adalah jalan, kebenaran, dan hidup (Yoh 14:6)
*   Yesus selalu mencari, menyelamatkan yang hilang (Luk 19: 10)
*   Yesus membawa keselamatan bagi manusia seutuhnya (sempurna, selamat, sehat jasamani dan rohani, serta cukup)  Misalkan membangun rumah, sempurna rumah itu dibangun, selamat sampai selesai di bangun, sehat menempati rumah itu, serta cukup dananya. 

Kamis, 07 Oktober 2010

Khotbah Partangiangan Kamis, 7 Oktober 2010 (1Timoteus 4:13-16)

        Latar Belakang
Surat na parjolo na tinongos ni Ap.Paulus tu si Timoteus, sada surat panogunoguon/ parmahanion tu si Timoteus. Si Timoteus masih relatif muda/poso dope waktu menerima tugas haparhalado on/penatua/Pembina Jemaat di Epesus dohot Makedonia.

o   Ditinggalhon Ap.Paulus ma si Timoteus di Epesus, sedangkan Ap.Paulus borhat ma tu Makedonia melayani (1Tim1:3 huapoi do ho tinggal di Epesus uju borhat ahu tu Makedonia.  Holong do rohani Ap.Paulus di si Timoteus, ala padot do ibana namarmahani huria di Epesus, alani dianggap Ap.Paulus do si Timoteus anak haholongan/ anak rohani dibagasan haporseaon/iman (1Tim1: 2 Mandapothon si Timoteus anakon hu na tutu dibagasan haporseaon).

o   Hape ndang cukup holan hapadoton, haburjuon ni si Timoteus na marmahani Jemaat i, adong do hahurangan ni si Timoteus ima: haposoon na (hira-hira umur 33 taon) ma ibana namanjalo pimpinan Jemaat di Epesus. Usia semuda i, ndang mampu si Timoteus mempertahankan ajaran ni Ap.Paulus, ala ingkon berhadapan do ibana tu angka penatua-penatua na sudah tua umurna/si suan bulu di huria Epesus. Apalagi masyarakat Epesus yang hetrogen/aneka ragam suku, ras, dohot budaya.

Ala kota pelabuhan do Epesus ima tempat persinggahan ni angka perdagangan ekport/ import, tempat persinggahan dan berangkatnya pendatang/wisatawan, godang ma angka ajaran-ajaran na lipe/sesat na masuk tu huria Epesus. Berkembang ma ajaran Gnostik (Gnost = pengetahuan, parbinotoan); ajaran Dochetisme (perasaan) dohot ajaran Judaisme (aturan dohot patik na berjumlah 613 hibung/pasal). Alani godang ni ajaran i, sementara si Timoteus ndang mampu membendung  ajaran na sesat naung berkembang. Sahat do barita i tu parbinegean ni Ap.Paulus, ditongos ma surat parmahanion ima jamita 1 Timoteus 4: 13 – 16 on.

Dipaboa Si Paulus do di na lam tu hembangna huria i, ganda torop ni halak porsea di Tuhan Jesus Kristus, laos mullop do nang angka parpoda haliluon, ima angka na marbalik sian huria gabe manangihon tondi sipaotooto sian sibolis laho paroaroahon huria i. Marusaha do parpoda haliluon i manaburhon angka hata gapgap marhite argumentasi-argumentasi na paotootohon  patata roha ni ruas ni huria i asa godang marbalik. Mangadopi i tontu ingkon gogo do mental,moral dohot spiritual. Ingkon bagas do muse nang parbinototan/pangantusion di hata ni Debata asa boi mangalusi dohot manaluhon poda haliluon i. I do alana umbahen disosoi apostel i siseanna si Timoteus on asa torus melengkapi diri marhite na mandatdati manjahai Buku na Badia I asa bagas parbinotoan teologina. Marhite i muse gabe tau ma ibana mangapoi (=membangun iman warga jemaat) dohot mangajarhon poda na tingkos i asa lam tangkas diboto jala diantusi angka ruas ni huria hinasintong ni Barita na Uli I (ay.13).


Sipahusorhusoron                                                                                                                                
Asa tau si Timoteus manguluhon huria i jala margogo mangalo parpoda haliluon, adong manang pigapiga siulahononna, ima:
  1. Ringgas manjaha (ay. 13). Marhite na mandatdati manjaha buku na badia i, botoonna ma angka poda na sintong, dapot parsiajaran dohot hapistaran, gabe margogo mangadopi parpoda haliluon na malomalo manghatai.
  2. Mangulahon pangapoion dohot pangajarion (didasko: mamodahon, manogunogu, paingothon, dohot mangalehon panuturion). Jesus Kristus do na gabe tiruan laho mangulahon pangajarion i. Ndang holan marjamita diula Jesus, dipatuduhon do hasintongan ni jamitaNa marhite pangajarion. Marhite i dipapatar Jesus hadirionna songon guru. Diajari Ibana na torop padengganhon paragamaon, pasahathon pelean, martangiang, dna.
  3. Papatarhon tohonan na jinalona marhite na mamangke silehonlehon ni Debata dohot marparange na denggan (ay. 14 - 15). Marhite parange na denggan naeng patandahononna dirina sahalak naung matobang di hata ni Debata atik pe bajar umurna.
  4. Mamatahon dirina dohot pangajarionna asa gabe tiruan na denggan di tongatonga ni ruas ni huria (ay. 16). Ndang cukup holan manangihon poda sian si Paulus ibana, alai ingkon dohot do pajamothon dirina sandiri.                                                                                                                                        
Panimpuli:
  • Nasa  ruas ni huria tarlobi parhalado ingkon  ringgas  do manjaha buku na badia i dohot buku-buku na mardomu tusi laho patanakhon pangantusion,patogu haporseaon dohot pahothon hasatiaon mangoloi Tuhan i sahat ro di ujungna.
  • Angka silehonlehon (=karunia) na marragam na tajalo sian Tuhan i tapangke ma i tu ulaon pahembanghon asa marbungaran harajaon ni Debata di portibi on.
  • Tamatahon be ma dirinta dohot hurianta asa tongtong terjaga kredibilitasta dohot nama baikta tu humaliang. Hinorhon ni i gabe tartait ma roha ni donganta ro tu gareja.

                             

Rabu, 06 Oktober 2010

Partangiangan Weyik: Pslmn 23: 1-6

A. Latar Belakang
     Menurut para ahli, maz/pslm 23 ini dikarang Daud pada waktu ia masih muda, di saat ia mengembalakan Kambing/Domba ayahnya (Isai) 1 Sam 16: 11. Karena Daud adalah seorang gembala, maka Daud hapal betul  bagaimana peranan seorang gembala di Timur Tengah, yang penuh dengan pasir, tanah tandus, dan butu-batuan.
      Seorang gembala bersedia menyerahkan hidupnya demi domba yang digembalakannya. Rumput dan air sulit ditemukan, karena rumput hijau hanya tumbuh di antara selah-selah batua-batuan di sekitar pasir yang tandus. Jika pada musim kemarau, si gembala membawa domba ke padang rumput di sekitar selah-selah batu-batuan yang tajam dan runcing. Jika domba haus si gembala membawa ke lembah yuang masih ada airnya.
       Si gembala harus melindungi dombanya pada waktu menuju padang rumput yang penuh bahaya, seperti lembah yang curam, batu yang tajam, dan binatang buas, Untuk melindungi domba-domba tersebut, si gembala memiliki tongkat dan gada.
Tongkat terbuat dari kayu jati dengan panjang 60 cm, ujungnya dibalut dengan besi. Jika domba diserang binatang buas, tongkat akan menghajar binatang buas itu.
Gada terbuat dari pohon Zaitun dengan panjang 2,5 , untuk menolong domba yang jatuh ke lembah dan memisahkan domba yang berkelahi.
     Begitu peranan si gembala melindungi domba-domba, maka hubungan si gembala sangat dekat dengan domba-domba tersebut. Para domba merasa aman, tidak lapar dan tidak terancam bahaya. Pengalaman seperti itulah yang dituliskan oleh Daud waktu masih muda/sewaktu ia jadi seorang pengembala
      Tulisan Maz 23 menjadi nyanyian di Bait Allah untuk memuji Allah karena : habalgaon ni Debata; hamuliaon ni Debata; hasangapon ni Debata; hasongkalon ni Debata; panarihon ni Debata tu sude nasa natinompaNa. Alani do ndang mampu be halak Jahudi mandok goar ni Debata didok ma goarna Yahwe Raah (bh ibr) Jahowa Siparmahan ahu/Tuhan adalah Gembalaku.

B. Analisa Teks
        Turpuk on dibagi dua ima :
Ay 1-4 Allah sebagai pemandu/pelindung, itulah gambaran/citra seorang gembala yaitu:
            - di PL gembala bangsa Israel di Gurun Pasir (kej 48: 15)
            - di PB Gembala manusia ( 1 Joh)
Ay. 5-6 Allah/Tuhan Jesus sebagai tuan rumah yang selalu menyediakan makanan/minuman yang berkelimpahan, seperti:  
·      Yusuf menyediakan pangan di tanah Mesir (Kej 43: 34)
·      Tuhan Yesus menjamu 500 orang (Mat 43: 34)
·      Pesta Perkawinan di Kana (Mat 22: 1-4)
·      Perjamuan di Kerjaan Allah (Luk 14: 15-29
Molo Olo hita tamu ni Debata, dijamu do hita dengan makanan/minuman bahkan diminyaki dohot minyak zaitun(artina dipasu-pasu).

C. Aplikasi
        Ay. 1-4 Selalu do hita diparmahan Debata marhite anakna Tuhan Jesus Kristus, asal ma tabege soarana dohot dipanjouon na. Ditogu-togu do hita tu angka dalan sidalananta menuju jampalan na lomak dohot tu aek na tio.
         Jotjot do holsoan hita taringot tu sipanganon, ima kebutuhan sehari-hari semakin sulit. Keterpurukan ekonomi Negaranta menambah jumlah masyarakat Pra Sejahtera (Miskin). Di situasi demikian, boi do gabe dimanfaatkan sibolis hita, asa sai lomos/kuatir dingoluon. Ujung na ndang percaya be tu pemeliharaan ni Tuhan. Mazmur 23 ini menekan kepada kita supaya tidak kuatir/jangan putus asa, karena “Tuhan adalah gembala kita’.
     Adong do tudos-tudos di bible on: beha do pandongonion ni Debata dipardalanan ni bangso Israel selama 40 tahun di parhorsian/gurun Sinai
- tersedia makanan “manna”/lote di bangso i
            - tersedia aek mual na tio
            - mardalan didongani Debata, ombun molo siang hari, bulan molo malam hari
Tung hansit pe ditaon nasida, sada proses do i, menuju kedewasaan iman. Hita pe molo songon na maol taalami ngolu on, di na deba ndang tarhatahon, na sepata hundul puapualon tangis sosombopon alani dangolna, alani hansitna, alani parirna.
Alai sangombas do i ninna Debata “ai tangkas do huboto aha sipatupaonku, aha na piningkiran mu” (Jes 28:11). Sipata sai hira na ditadingkon Debata hita anak haholongan i, alai Debata sandiri do pangurupi na (Ende 283: 1-2)
     Toguon ni Tuhanta do hita tu aek na hasonangan i, ndang aek na doras na penuh dengan buaya. Alai tu batang aek na tenang, sumber air na tio, tanpa virus dan penyakit. Dina loja hita , pamerengan golap mirdong “sitamaning patihala” dipasabam Debata do rohanta/Ia menyegarkan jiwaku.

Ay.5-6 Debata sandiri na gabe tuan rumah yang baik yang menyediakan makanan/ minuman yang berkelimpahan. Ay.5 didok: Ho do manutup meja dijolongku/Engkau menyediakan hidangan bagiku. Hita sebagai tamu terhormat, jala Debata sebagai tuan rumah, menyediakan hidangan makanan/minuman yang berkelimpahan, bahkan waktu mau pulang dimiaki do hita dohot minyak zaitun artina dipasu-pasu do hita/di berkati            
     “Tuhan memberkati engkau, Tuhan menyinari engkau dengan wajahNya dan memberi engkau kasih karunia, Tuhan menghadapkan wajahNya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera”
Minyak zaitun ima lambang Kasih Allah yang tak berkesudahan. Minyak Zaitun dipercaya orang Jahudi sebagi minyak buatan Tuhan, karena dari pohon Zaitun yang ditanam oleh Tuhan sendiri, pohon yang yang hidup dalam segala musim, sekalipun di musim kemarau daunnya tetap hijau. Minyak zaitun  dapat sebagai obat dan penyedap makanan, aromanya wangi semerbak (minyak na hus-shus) yang dibawa oleh Parhapistara sian Purba waktu kelahiran Yesus, dan juga minyak yang dipakai Maria Magdalena mencuci kaki Yesus, mahal harganya.
Tabahen ma Debata sebagai tuan rumah dalam kehidupan kita, sehingga kita akan dipelihara/ disarihon. Ala nunga parjolo Debata manarihon na ringkot dohot sipanganon tu:
·     si Adam na tinompana i
·     Si Josep anak ni si Jakob dipatujolo lao tu Mesir mempersiapkan makanan, asa unang mate lapar bangso Israel
·     Tuhan Jesus menjamu makan 5000 halak
·     Pesta perkawinan di Kana ndang hahurangan anggur, ala disi Tuhan Jesus
Mazmur 23 on memperkuat hita diangka hamaolon, na gabe ende di angka bagas joro, dohot endenta diangka hasusahan, songon na diendehon si Gracimon:
     Tuhan adalah gembalaKu, takkan kekurangan aku
      ………………………………………..
      …………………………………………
C. Kesimpulan
1.      Debata dohot Tuhan Jesus do Gembala yang Baik
2.      Unang mabiar hita, Debata do manarihon ngolunta
3.      Pernyataan Tuhan tidak pernah salah, terbukti sahat tu ombas on disarihon do hita  dari hari ke hari, minggu ke minggu, bulan ke bulan, dan tahun berganti tahun.       Amen

KHOTBAH PARTAGIANGAN: 1 Timoteus 1: 12 – 17

A.    Latar Belakang
     Surat na parjolo na tinongos ni Ap.Paulus tu si Timoteus, sada surat panogunoguon/ parmahanion tu si Timoteus. Si Timoteus masih relatif muda/poso dope waktu menerima tugas haparhalado on/penatua/Pembina Jemaat di Epesus dohot Makedonia.
     Ditinggalhon Ap.Paulus ma si Timoteus di Epesus, sedangkan Ap.Paulus borhat ma tu Makedonia melayani (ay.3 huapoi do ho tinggal di Epesus uju borhat ahu tu Makedonia. Holong do rohani Ap.Paulus di si Timoteus, ala padot do ibana namarmahani huria di Epesus, alani dianggap Ap.Paulus do si Timoteus anak haholongan/ anak rohani dibagasan haporseaon/iman (ay. 2 Mandapothon si Timoteus anakon hu na tutu dibagasan haporseaon).
     Hape ndang cukup holan hapadoton, haburjuon ni si Timoteus na marmahani Jemaat i, adong do hahurangan ni si Timoteus ima: haposoon na (hira-hira umur 33 taon) ma ibana namanjalo pimpinan Jemaat di Epesus. Usia semuda i, ndang mampu si Timoteus mempertahankan ajaran ni Ap.Paulus, ala ingkon berhadapan do ibana tu angka penatua-penatua na sudah tua umurna/si suan bulu di huria Epesus. Apalagi masyarakat Epesus yang hetrogen/aneka ragam suku, ras, dohot budaya.
     Ala kota pelabuhan do Epesus ima tempat persinggahan ni angka perdagangan ekport/ import, tempat persinggahan dan berangkatnya pendatang/wisatawan, godang ma angka ajaran-ajaran na lipe/sesat na masuk tu huria Epesus. Berkembang ma ajaran Gontik (Gnost = pengetahuan, parbinotoan); ajaran Dochetisme (perasaan) dohot ajaran Judaisme (aturan dohot patik na berjumlah 613 hibung/pasal). Alani godang ni ajaran i, sementara si Timoteus ndang mampu membendung  ajaran na sesat naung berkembang. Sahat do barita i tu parbinegean ni Ap.Paulus, ditongos ma surat on: “asa unang hu roha ni halak mida ho, siala haposoon mi” (4:12)

B.   Sipahusorhusoron                                                                                                                                
1. Debata mamilit naposona
Ayat 12 Ap.Paulus memotivasi dan meyakinkan si Timoteus asa unang ragu dalam tugas/ pelayanan, alani Kristus dohot Barita na Uli. Didok di ay. 12 “Mauliate ma hudok dinamarhagogoion ahu……./Aku bersyukur kepada Dia yang menguatkan aku, yaitu Kristus Yesus Tuhan kita, karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan ini kepadaku”. Ada suatu pengakuan/pernyataan/kesaksian Ap.Paulus kepada Timoteus, ima:   
           - Dia menguatkan aku/margogihon ahu
           - Ia menganggap aku setia/ dietong do ahu haposan
           - Ia mempercayakan pelayanan ini kepadaku/dipabangkit
Sian na tolu hal on ma na so dapot pingkiran dipamiliton ni si Timoteus na gebe pelayan, sian usia, sian parbinotoan, sian keturunan. Ido na pinaboa ni si Ap.Paulus gabe ibana dipilit Tuhan i gabe pelayan/naposo ni Tuhan i. Dipaboa Ap.Paulus dirina na memiliki latar belakang na hurang denggan, jala pardosa (ay.13-14). Didok ibana: ”panginsahi hian do ahu, pangalele jala penganiaya siihuthon Kristus”, hape sumurung do asi ni rohani Debata tu si Paulus (ay14), jala diasihi Tuhan i do ibana ala ndang diboto na binahenna/ hapitungon ni haporseaon (ay.16). Gabe tarsesa do dosa ni si Paulus songon hata ni Tuhan Jesus di silang i: “maraparbuati ma rohaM, ai ndang diboto nasida na binahen na i (Luk 23:34).
          Songoni  pamiliton ni Debata tu si Musa, asa si Musa gabe partogi di bangso Israel sian parhatobanon Misir. Debata sandiri do namamilit si Musa gabe hamba Allah (Ebed Yahwe) laho pasahathon hatana/Firman Allah tu bangso Israel.Dengan menyelamatkan bayi Musa melalui putri Raja Firaun, kemudian dibesarkan, dididik secara istana raja Parao/Firaun untuk kelak membawa bangsa Israel keluar (exodus) sian parhatobanon bangso Misir, dan mampu menerobos Laut Merah atas kuasa Allah.
          Dipilit Debata do si Nomensen tu tano batak asa malua hita sian hagolapon, haootoon menuju tu kemakmuran, hapistaran dan kebahagiaan. Nunga godang angka na umposo gabe parbarita na uli jala gabe partogi.

Kamis, 30 September 2010

Sermon Guru Sekolah Minggu HKBP Cijantung, Jumat 1 Oktober 2010

Penyertaan Allah terhadap Kepemimpinan Yosua (Yosua 1: 1-8)

Bagaimana penyertaan Allah terhadap Yosua memimpin bangsa Israel masuk ke tanah Kanaan
a.       Allah yg punya inisiatif dalam Kepemimpinan Yosua: menetapkan sebagai pemimpin; dan rencana
b.      Yosua merespon panggilan kepemimpinan itu
c.       Yosua merespon janji Allah
d.      Yosua taat pada perintah Allah

1.       Yosua (Tuhan menyelamatkan) adalah anak Nun (Kel.33:11);  Ia sebagai pengganti Musa untuk memimpin bangsa Israel masuk Ke tanah Kanaan (Yos.1:1-3)
2.       Dalam perjalanan menuju negeri perjanjian Kanaan, telah terjadi peralihan kepemimpinan dari Musa kepada Yosua dilakukan berdasarkan perintah Tuhan (Ul. 31:3+7-8). Musa sudah sangat tua, dan ia tidak dapat meneruskan perjalanannya memimpin bangsa Israel memasuki Kanaan. Ia beristirahat di bukit Nebo dan Yosua dipilih Allah untuk menggantikannya.
3.       Bagi Yosua perjalanan menuju Kanaan, masih panjang, penuh rintangan dan tantangan. Tidak mudah baginya memimpin bangsa seperti Israel, yang sehari-harinya hanya bersungut-sungut. Di samping itu, ia harus memimpin bangsa itu berhadapan dengan bangsa-bangsa lain yang daerah dan wilayahnya akan mereka lewati dan masuki (tantangan eksternal). Tantangan internal dan eksternal itu bukan hal yang mudah, terutama bagi dirinya yang baru saja diangkat sebagai pemimpin.
4.       Dalam nats ini kita melihat Allah berfirman kepada Yosua agar Yosua dan seluruh bangsa Israel itu bersiap untuk menyeberangi sungai Yordan menuju tanah Kanaan. Allah berfirman bahwa Yosualah yang akan memimpin bangsa Israel itu untuk menduduki tanah Kanaan (tanah yang dijanjikan Tuhan kepada bangsa Israel). Dan Allah tidak hanya menetapkan Yosua sebagai pemimpin bagi bangsa Israel itu, tetapi Dia juga memberikan semangat kepadanya.

Penjelasan.
1.   Di gunung Sinai, Allah telah memberikan Hukum Taurat kepada Israel melalui Musa. Hukum ini menjadi dasar dan sumber dari segala hukum bagi bangsa Israel sebagai umat yang kudus atau sumber utama untuk hidup beriman kepada Tuhan dan hidup berinteraksi dengan sesama manusia. Hukum ini telah berulangkali disosialisasikan kepada bangsa Israel (lih. Kel. 19).
2.   Di dalam nats ini, TUHAN mengingatkan dan memotivasi Yosua untuk senantiasa setia melaksanakan dan hidup berdasarkan HukumNya dalam memimpin bangsa Israel. Allah menghendaki agar Yosua dalam memimpin perjalanan Israel menuju negeri Kanaan, senantiasa mempedomani hukum-hukumNya. Dalam nas tersebut ada beberapa hal penting yang perlu kita pahami dan simak yaitu :
a.   Kuatkan dan Teguhkan Hatimu (6,7,9): Kalimat ini tiga kali disebutkan, dan terakhir diungkapkan dalam bentuk pertanyaan (9) untuk maksud menegaskan bahwa kekuatan dan keteguhan hati sangat dibutuhkan seorang pemimpin. Allah memberi dorongan dan motivasi untuk memampukan Yosua di tengah-tengah kepemimpinannya. Karena dia yang dipilih dan ditetapkan oleh Allah dalam memimpin bangsa Israel hingga mereka memiliki negeri yang dijanjikan itu. Di sini, Allah meyakinkan Yosua untuk tidak boleh lemah sedikitpun, tidak kecut dan tawar hati. Yosua tidak perlu mundur, tidak perlu ragu-ragu, tidak mudah dipengaruhi atau terpengaruh dan tidak perlu setengah-setengah hati untuk melaksanakan dan menerapkan hukum Tuhan dalam kehidupan bangsa Israel.
b.   Bertindak Dengan Hati-hati (7,8): Allah menghendaki agar Yosua menempatkan hukum yang diberikanNya melalui Musa menjadi pedoman dalam memimpin bangsa Israel. Allah menghendaki agar Yosua memiliki kesungguhan hati (keseriusan, ketulusan dan kejujuran), bertindak dengan hati-hati (tidak gegabah, tidak oleng, dan selalu bertindak dengan pemikiran yang matang dan akurat), dan tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri (menempatkan Allah dan hukumNya sebagai tonggak kehidupan). Allah menginginkan agar Yosua dalam segala keputusan dan tindakan yang akan diambilnya selalu berpedoman pada Firman Tuhan atau berdasar pada hukumNya. Allah menghendaki adanya kesetiaan dan ketaatan yang tulus dan jujur untuk melaksanakan hukum Tuhan.
c.   Merenungkan Hukum Tuhan Siang-Malam (8): Allah menghendaki agar Yosua mengatakan dan menerapkan hukum itu kepada seluruh umat tanpa kecuali, supaya setiap orang mengetahui, memahami dan melaksanakannya di tengah-tengah kehidupannya. Allah menekankan dan menegaskan perlunya pengajaran hukum Tuhan bagi seluruh umat. Selain mengatakan atau mengajarkan, Yosua beserta seluruh umat Tuhan perlu merenungkan hukum Tuhan di setiap waktu, siang maupun malam (tanpa henti-hentinya), yang menandai hidup umat berpusat pada Allah dan hukum-hukumNya. Semua hukum perlu direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari.
d.   Yosua Memimpin Bangsa Israel Menuju Negeri Perjanjian (6): Allah telah memilih, mengangkat, mengutus dan memberkati Yosua sebagai hambaNya untuk memimpin bangsa Israel menuju negeri Kanaan dan menjadikan negeri itu sebagai milik pusaka turun-temurun. Ini merupakan suatu kepercayaan yang diberikan Tuhan kepada seseorang.
e.   Memperoleh Keuntungan Dan Keberhasilan (7-8): Inilah tujuan dari sebuah panggilan dan pengutusan, yaitu memperoleh keuntungan dan keberhasilan. Hal itu merupakan gambaran dari kebahagiaan sebagai wujud dari semua perjuangan.
f.    TUHAN, Allah Menyertai Ke Manapun (9): Di sini, Allah kembali menegaskan pernyataanNya yang terdapat dalam ayat 5 bahwa Allah tidak akan membiarkan dan tidak akan meninggalkan Yosua dalam menghadapi berbagai rintangan. Pernyataan akan “menyertai” merupakan suatu jaminan ilahi, yang memampukan Yosua mengahadapi setiap tantangan dan rintangan yang telah menunggu di depan.

Renungan.
1.   Melalui nats ini, kita diajak untuk merefleksikan perjalanan gereja masa kini, yang dapat kita apresiasikan dengan reformasi Luther (1517) yang menegaskan kembali kepada Firman Tuhan dan reformasi Yosua (pada jaman PL, 622 seb. M), yang memusatkan peribadahan di Yerusalem dan yang mendasarkan kehidupannya pada Hukum Tuhan. Dalam hal ini, gereja (orang percaya, keluarga) senantiasa berpedoman pada Firman Tuhan, bukan pada ilah-ilah jaman atau ilah-ilah global.
2.   Tuhan mengajak gereja untuk merenungkan penyertaan Tuhan dalam perjalanannya. Di tengah tantangan dan rintangan yang dihadapi gereja, Allah selalu menyertai. Allah menyatakan penyertaanNya sebagai jaminan untuk menguatkan dan meneguhkan setiap orang percaya.
3.   Tuhan mengajak gereja untuk senantiasa mendasarkan semua perilakunya pada hukum kasihNya. Amin!
4.   Tuhan memanggil dan menetapkan kita untuk melakukan suatu tugas dan memberi semangat kepada kita untuk melakukan dalam tugas pelayanan kita Dia mendorong, Dia menyemangati kita sebagaimana Dia menyemangati Yosua. Dalam melayani Tuhan, kita sebagai pelayanNya seharusnya bersemangat.  Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita bersemangat dalam melayani Tuhan?

Kemarahan Tuhan terhadap Kawin Campur dan Perceraian

Khotbah Partangiangan Kamis, 30/9/2010 
Maleaki 2: 13-13

I. Latar Belakang
Maleakhi (bhs Ibrani מלאכי - MAL'AKHI) berarti "utusanku"; nama ini menjadi "Malakhiah" yang artinya "utusan Tuhan".  Maleakhi  adalah seorang Yahudi saleh yang tinggal di Yehuda masa pascapembuangan sekitar 430-420 seb.M, serta memiliki integritas teguh kepada Allah. Maleakhi menyaksikan para iman dan umat pada pascapembuangan di Palestina kembali mengalami kemunduran rohani, dimana: - para imam telah menjadi korup (Maleakhi 1:6--2:9); persepuluhan dan persembahan diabaikan (Maleakhi 3:7-12); dan  perjanjian pernikahan dilanggar ketika para suami menceraikan istri mereka untuk menikahi wanita kafir (mungkin lebih muda dan cantik) (Maleakhi 2:10-16).

II. Tujuan penulisan
Mengingatkan kembali kekudusan Allah dalam Imamat 20:26:  “ Kuduslah kamu bagiku, sebab aku ini Tuhan, Kudus dan Aku telah memisahkan kamu dari bangsa-bangsa lain supaya kamu menjadi milikku”. Jadi perjanjian antara Allah dengan bangsa Israel supaya dilaksanakan dengan hati yang tulus dan taat. Rupanya orang-orang telah menjadi sinis, meragukan kasih dan janji-janji Allah, menyangsikan keadilan-Nya dan tidak percaya lagi bahwa ketaatan kepada perintah-Nya itu berguna. Seiring dengan memudarnya iman, maka pelaksanaan ibadah menjadi otomatis dan tidak berperasaan. Mereka juga acuh tak acuh terhadap tuntutan hukum Taurat dan bersalah karena berbuat bermacam-macam dosa terhadap perjanjian.

III. Analisa Teks/Situasi
Nabi Maleakhi membahas ada dosa-dosa bangsa Israel yang tidak lagi memberikan penderitaan langsung kepada mereka, tetapi memberikan penderitaan seumur hidup, seperti: 1. Kawin campur (ay 11) dan 2. Menceraikan istri (ay 16). 

ad1. Kawin campur
Pada jaman Musa Allah telah melarang orang Israel kawin campur dengan penduduk Kanaan. Kel 34:15-16 dan Ul 7:3-4. Dari ayat-ayat itu terlihat bahwa alasan Tuhan melarang kawin campur adalah supaya mereka tidak terjatuh pada penyembahan berhala yang dilakukan oleh penduduk Kanaan itu. Jadi, jelas bahwa sebetulnya larangan ini tidak hanya berlaku untuk kawin campur dengan penduduk Kanaan saja, tetapi dengan semua bangsa kafir yang tidak menyembah Tuhan.
1.      Kawin campur adalah tindakan yang menajiskan perjanjian dengan Allah
2.      Kawin campur adalah tindakan yang 'menajiskan tempat kudus
3.      Kawin campur ini menajiskan perjanjian dengan Allah, menajiskan kekudusan bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Allah.

Terkecuali orang kafir yang sudah disucikan, boleh dikawin oleh orang Israel. Ul 21:10-13 jadi jelas Tuhan tidak anti dengan perkawinan antara bangsa yang berbeda, tetapi anti terhadap kepercayaaan/agama yang berbeda.

Dalam perjalanan sejarah bangsa Israel, berungkali terjadi kawin seperti yang terjadi dalam 1Raja-raja 11:1-4 1Raja-raja 16:31 Neh 13:23-27 Ezra 9,10. sehingga sering bangsa Israel jatuh ke dalam dosa yang membawa penderitaan seumur hidup.

Oleh karena itu, firman ini mengingatkan kita, supaya hati-hati terhadap kawin campur! karena orang kristen yang sungguh-sungguh, tidak mungkin bisa hidup harmonis dengan orang yang tidak kristen atau bahkan dengan orang kristen KTP. Suatu pernikahan dimana yang seorang hidup menurut Kitab Suci / Firman Tuhan, sedangkan pasangannya hidup menurut dunia, pasti tidak akan cocok!.

Misalnya, pada hari minggu yang kristen ingin ke gereja, sedangkan yang kafir ingin piknik; Yang kristen ingin membawa anaknya ke sekolah minggu, sedangkan yang kafir ingin membawanya ke kebun binatang. Setiap awal bulan yang kristen ingin memberikan persepuluhan, sedangkan yang kafir tidak mau memberi. Hal-hal seperti ini pasti akan menjadi sumber pertengkaran!. Memang pada waktu masih pacaran, ketidakcocokan ini akan tertutup oleh cinta mereka yang masih berkobar-kobar. Tetapi setelah mereka menikah, pasti ketidakcocokan ini akan muncul! Itulah bahayanya bagi jemaat yang melakukan kawin campur!

Dalam Perjanjian Baru, orang percaya/kristen dilarang untuk menikah dengan yang tidak percaya/tidak kristen (2Kor 6:14 1Kor 7:39). Di Negara kita ini dimana kristen merupakan golongan minoritas, maka ini bisa dirasakan sebagai suatu pembatasan yang sangat berat! Tetapi sebetulnya larangan ini diberikan oleh Tuhan bukan untuk membatasi orang kristen, tetapi demi kepentingan dan kebahagiaan orang kristen sendiri. Karena penderitaan akan terus mengikuti kita seumur hidup. Karena itu, janganlah main-main dengan dosa kawin campur ini! Apa yang sekarang rasanya enak, nantinya bisa menjadi sesuatu yang sangat menyakitkan!
 
Ad.2. Menceraikan Istri (ay 16).
 
Ini rupanya timbul karena adanya istri-istri asing itu. Akhirnya orang-orang Yahudi itu menceraikan istri-istri lamanya. Disini terlihat bahwa dosa yang satu selalu berhubungan dgn dosa yang lain! Jika telah menjalankan kawin campur, maka akan ada keinginan menceraikan istri. Dosa yang pertama ini akan mendorong kita untuk melakukan dosa yang kedua, dan seterusnya.
Ay 16 terdiri dari 2 kecaman 
a). orang-orang yang setelah kawin campur lalu menceraikan istri tua mereka, dan ini dikecam dalam (ay 16a) dan
b). Tetapi ada juga mereka yang sekalipun kawin campur tetap mempertahankan istri tua untuk menutupi kesalahan mereka, dan ini dikecam dalam ay 16b.

Maka jangan berpikir bahwa kita hanya melakukan satu dosa saja, bujukan setan akan menyuruh kita untuk berbuat satu dosa lagi yaitu menceraikan istri. Berbagai alasan yang mendukung melakukan perceraian, yaitu: tidak cocok, cinta kepada perempuan lain, tidak bisa punya anak, sering dipukul, sering berantam, dll.
Hanya satu alasan seseorang boleh menceraikan pasangannya, yaitu zinah. Mat 5: 32 dan Mat 19:9 Yesus mengatakan bahwa perceraian dilarang kecuali kalau terjadi perzinahan. Jadi zinah adalah satu-satunya alasan yang menyebabkan seseorang boleh menceraikan pasangannya. Sama seperti kawin campur, maka perceraian juga adalah dosa, yang kalaupun sudah disesali, akibatnya mungkin akan mengikuti kita seumur hidup kita! Karena itu, jangan sembarangan bercerai! 
      Apapun pandangan mengenai perceraian, adalah penting untuk mengingat kata-kata Maleakhi 2:16a: “Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel.” Menurut Alkitab, kehendak Allah adalah pernikahan sebagai komimen seumur hidup. “Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia" (Matius 19:6). Berarti pernikahan harus ada kesatuan roh, roh kita semakin hari semakin diperbaharui. Walaupun kondisi tubuh semakin merosot, usia semakin tua, namun roh terus diperbaharui dan jiwa semakin kuat. Maka Mal.2: 15b Jagalah dirimu…..
Meskipun demikian, Allah menyadari bahwa karena pernikahan melibatkan dua manusia yang berdosa, perceraian akan terjadi. Maka dalam Perjanjian Lama Tuhan menetapkan beberapa hukum untuk melindungi hak-hak dari orang yang bercerai, khususnya wanita (Ulangan 24:1-4). Yesus menunjukkan bahwa hukum-hukum ini diberikan karena ketegaran hati manusia, bukan karena rencana Tuhan (Matius 19:8).
IV. Kesimpulan                                                                                                               
1.      Kalau seseorang sudah terlanjur kawin campur, haruskah ia menceraikan pasangannya itu? Tidak! Dasarnya adalah 1Kor 6:10-16. (Catatan: Ezra 10 adalah suatu perkecualian!). Tetapi ia harus mengakui kepada Tuhan bahwa tindakannya itu berdosa dan ia harus minta ampun kepada Tuhan. Ia akan diampuni, tetapi tetap saja penderitaan sebagai akibat dosanya bisa mengikuti dia seumur hidupnya.
2.      Orang yang punya lebih dari satu istri juga harus mengakui itu kepada Tuhan sebagai dosa. Lalu, ia harus menceraikan semua istri-istrinya kecuali istri pertama (tetapi harus tetap memberikan biaya hidup untuk istri-istri yang dicerai dan untuk anak-anaknya). Menceraikan istri kedua dan seterusnya ini diharuskan, karena pernikahan yang kedua dan seterusnya sebetulnya bukanlah pernikahan tetapi perzinahan!
3.      Orang yang sudah terlanjur bercerai (bukan karena zinah) harus hidup sendirian / tidak kawin lagi, kecuali ia mau rujuk dengan pasangannya (1Kor 7:11). Tetapi kalau ia sudah terlanjur kawin lagi, ia tidak boleh menceraikan istri yang kedua, lalu kembali kepada istri yang pertama (Ul 24:1-4). Biarlah ia tetap bersatu hanya dengan istrinya yang kedua, tetapi ia tetap harus mengaku dosa di hadapan Tuhan.
4.      Juga kalau saudara tahu ada orang yang mau melakukan kawin campur atau perceraian, nasehatilah mereka supaya tidak melakukannya, karenaAy 12 jelas menunjukkan bahwa sekalipun yang berbuat dosa itu hanya satu orang, akan semua mendapat hukuman. Allah tidak peduli berapa banyak orang yang berbuat dosa, semua akan dihukum. Contoh: peristiwa banjir Nuh dimana Allah membasmi seluruh dunia yang berdosa dan hanya menyelamatkan 8 orang. Juga peristiwa Sodom dan Gomora, dimana Allah membasmi kota Sodom dan Gomora dan hanya menyelamatkan Lot dan kedua anaknya!.
 
-AMIN-